Rektor Universitas Samudra Buka Seminar Nasional Matching Fund 2021

Langsa, Sabtu 30 Oktober 2021. Rektor Unversitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, MT  membuka  acara Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Tim Matching Fund 2021 Universitas Samudra  bermitra dengan BUMG EMAS yang dilaksanakan secara Virtual zoom meeting  dengan Tema “ Pengembangan Perekonomian Desa  melalui  Upgrade Peran BUMG EMAS “. Acara yang dimulai pada 09.00 Wib tersebut menghadirkan  Nara Sumber  Prof. Dr. Apridar,S.E, M.Si, Ketua ISEI  Aceh;   Rudy Suryanto, SE, M. Acc, Ak,CA –Sekjen Forum BUMDES Indonesia ;   Dr. Rini Mastuti, M.P, Ketua  Matching Fund;  Dr.Muhammad Fuad, M.M,Tim Matching Fund; dan  Muhammad Asril, SE, Direktur BUMG EMAS.  Acara seminar   dipandu oleh Yusril Ihza Mahendra Sebagai Moderator.

  Seminar diikuti  145 Partisipan diantaranya diikuti oleh  Dosen dan Mahasiswa, Pengelola Bumdes, serta Pendamping UMKM   yang berasal dari Perguruan Tinggi yang ada di Aceh maupun dari luar Aceh, diantaranya dari Jawa Timur, Makasar,Sulawesi dan NTB. Matching Found 2021 merupakan salah satu Program Pendanaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang bertujuan pada penciptaan Kolaborasi dan Sinergi strategis antara Insan  Perguruan Tinggi dengan  pihak DUDI ( Dunia Usaha  Dunia Industri) dalam membentuk  ekosistem Kampus Merdeka  – Merdeka Belajar. Program Matching Fund 2021  mempertemukan insan Perguruan Tinggi  dengan dunia industri  dalam wadah Kedaireka. Dalam hal ini Matching Fund Unsam  bermitra dengan BUMG EMAS ( Era Maju Adil Sejahtera ) Gampong Sidorejo,Kota Langsa.

Dalam sambutannya Rektor  mengucapkan  selamat kepada Tim yang telah berhasil memenangkan Hibah Program Matching Fund 2021  dan berharap  melalui kegiatan  tersebut  dapat  menambah pencapaian Prestasi bagi Universitas  Samudra serta menjadi Katalis untuk  mendorong perkembangan  perekonomian di Gampong  Sidorejo, Kota Langsa.

“Unsam berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan BUMG EMAS melalui peningkatan kapasitas, pelatihan SDM, pelatihan manajemen, serta digital marketing. Pada saat ini Gampong Sidorejo telah menjadi desa binaan Unsam diharapkan sinergi dan kolaborasi dapat berkelanjutan dan terus dikembangkan untuk kemaslahatan umat.

Terakhir kepada seluruh Tim Matching Fund saya harapkan dapat terus mengembangkan kegiatan ini secara berkelanjutan dan membawa manfaat yang lebih banyak bagi Perguruan Tinggi dan Dunia Industri.”

Dalam Seminar tersebut Nara Sumber membahas berbagai hal yang berkenaan dengan BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ), UMKM ( Usaha Mikro Kecil dan Menengah ) dan Program Matching Fund 2021 Unsam. Salah satu Nara Sumber Prof. Dr. Apridar, S.E,M.Si menjelaskan tentang pentingnya Transformasi Digital bagi suatu lembaga pemerintahan, organisasi, maupun industri bisnis dalam peningkatan kinerja dan pencapaian sukses serta selalu meneladani prinsip berdagangnya Rasulullah. Selain itu Founder Bumdes.id  Rudy Suryanto, SE, M. Acc, Ak,CA menekankan pentingnya Revitalisasi  Bumdes sebagai penggerak Ekonomi di desa  desa, terutama pada masa Pandemi covid -19. Mengenai Manajemen Bumdes dijelaskan oleh Dr.Muhammad Fuad, M.M.  Dan tentang  BUMG EMAS dipaparkan oleh Muhammad Asril, SE . Dalam sesi tanya jawab peserta juga berkesempatan memberi tanggapan dan  pertanyaan kepada Nara Sumber.

Dr. Rini Mastuti, M.P selaku Ketua Tim Matching Fund 2021 Unsam memaparkan tentang program Matching Fund 2021 Unsam  hingga berhasil mendapatkan mitra BUMG EMAS yang sesuai visi dan misinya dengan Program Matching Fund 2021, Dr. Rini Mastuti juga  mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Seminar dengan sukses  dan berharap agar Program Matching Fund 2021 Unsam benar benar dapat bermanfaat bagi Unsam dan Masyarakat banyak. ( Humas Unsam )