Rektor Unsam Tandatangani MOU dengan PT. Palma Nafindo Pratama Terkait Pembelajaran pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro ( PLTMH )

Langsa – Rektor Universitas Samudra (Unsam ), Dr. Ir. Hamdani, M.T,  melakukan penandatanganan  Memorandum Of Understanding ( MOU ) dengan Direktur Utama PT. Palma Nafindo Pratama, Rizky Nahardi, S.T,  di ruang rapat Rektor Unsam, pada Rabu (09/02/2022 ). Nota Kesepahaman Unsam dengan PT. Palma Nafindo Pratama tersebut meliputi kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Rektor Universitas Samudra, mengatakan bahwa tujuan kerjasama berdasarkan nota kesepahaman ini adalah sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk ikut serta menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam membina, mengembangkan, mengamalkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tugas, fungsi dan kapasitas masing-masing.

Lebih lanjut  Rektor  menyampaikan rasa terima kasih atas terjalinnya kerjasama yang akan dilakukan  dan  mengatakan bahwa”melalui kerjasama ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan magang di lahan yang dikelola PT. Palma Nafindo Pratama dan melalui program Kampus Merdeka mahasiswa Unsam dapat melaksanakan pembelajaran studi kasus pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH ) milik perusahaan tersebut  seperti yang dituangkan dalam Nota kesepahaman  akan dilakukan kerjasama meliputi: pendidikan, penelitian, pengabdian  dan pengembangan serta pengkajian ilmu pengetahuan dan

teknologi; pelatihan dan pemagangan/ praktikum kunjungan lapangan mahasiswa; pertukaran informasi, dan tenaga ahli; seminar, workshop, konferensi nasional; pemanfaatan alat dan sarana ilmiah laboratorium; pengembangan, pemberdayaan, dan pemberian bantuan pendidikan terutama mahasiswa yang kurang mampu dan berdomisili di sekitar area perusahaan; penguatan institusi, infrastruktur dan pengembangan lembaga; dan kegiatan lain yang telah disepakati.

Pihak PT. Palma Nafindo Pratama menyambut baik adanya kerjasama ini dan  pihaknya akan terus melakukan pemberdayaan masyarakat Aceh terutama dengan pihak Unsam yang memiliki sumber daya manusia sebagai generasi yang akan datang dan kedepan pihaknya akan melakukan pengembangan di bidang pertanian yaitu penanaman kayu kaliandra merah untuk bahan bakar pembangkit listrik PLTU dengan lahan sekitar 11 ribu hektar di Peunaron, Aceh Timur.

Melalui Komisaris PT. Palma Nafindo Pratama, Nazaruddin yang didampingi oleh Direktur Utama Rizky Nahardi, S.T. menyatakan MoU ini sangat bermanfaat bagi anak-anak generasi dimasa mendatang karena tak perlu lagi belajar keluar daerah terkait belajar PLTMH dan bisa dipraktikkan langsung.

“dengan adanya MoU ini khususnya anak-anak di Aceh tidak perlu lagi belajar PLTMH ke Bandung cukup belajar di Aceh dan bisa dipraktikkan langsung karena kita ada beberapa titik pembangkit, dalam pengoperasian itu butuh orang untuk mengarahkan” jelas Nazaruddin.

Hadir dalam kesempatan penandatanagan Nota Kesepahaman (MoU) tersebut, Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unsam, Dr. Rachmatsyah, M.Pd, Kepala Biro Umum dan Keuangan Unsam, Ir. Adnan, M.M., Sub Koordinator Kerjasama Unsam, Hendra Rahayu, S.Hut. sedangkan dari Pihak PT. Palma Nafindo Pratama, Direktur Utama, Rizky Nahardi, S.T., Komisaris PT. Palma Nafindo Pratama, Nazaruddin, General Manager, Cut Fitriani, Manajer Operasional, Nazrianda Syahputra, dan Manager Bidang Teknik, Saiful Anwar. (Humas Unsam)