Resimen Mahasiswa Satuan 108 Yudha Satria Unsam Selenggarakan Pradiksar

Langsa, Rabu, 27 Oktober 2021, Resimen Mahasiswa Satuan 108 Yudha Satria Universitas Samudra melaksanakan kegiatan Pradiksar Menwa dari tanggal 27-30 Oktober 2021 di area Kampus Meurandeh. Dengan Tema “ Mewujudkan Generasi Mahasiswa yang Berkualitas, Intelektual dan Berwawasan Kebangsaan dengan Pendidikan Resimen Mahasiswa”. Latihan Pradiksar ini diikuti oleh 11 peserta yang berasal dari berbagai prodi dan telah lulus seleksi dari 18 mahasiswa baru yang mendaftar. Resimen Mahasiswa merupakan suatu orgasisasi semi militer sebagai wadah , dan sarana pengembangan diri dan karakter mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan keikutsertaan dalam upaya bela negara, dan termasuk salah satu Komponen Cadangan dalam penguatan ketahanan nasional. Acara pembukaan dihadiri oleh Dr. Imam Hadi Sutrisno, M.Si selaku Pembina Menwa Universitas Samudra, Danramil Peureulak Timur Kapten Arhanud Nana Sutiana beserta anggotanya,  unsur pimpinan dari Biro Rektor  dan Fakultas, serta seluruh anggota Resimen Mahasiswa Unsam.

Upacara pembukaan dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Oktober  pukul 10.00 wib di halaman Gedung Rektorat Unsam dan dibuka secara resmi oleh Rektor dalam hal ini diwakili oleh Kapten Arhanud Nana Sutiana, Danramil  Peureulak Timur yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanat singkatnya Kapten Arhanud Nana sutiana mengatakan bahwa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa diperlukan ketahanan negara karena bagaimanapun keadaannya negara perlu pengawalan terhadap penyelenggara negara dari hal-hal yang mengganggu keutuhan persatuan bangsa, karena negara kita adalah bangsa yang besar sehingga perlu pengawalan pemerintahan. Oleh karena itu melalui kegiatan  Pradiksar ini diharapkan jiwa kita terpanggil untuk ikut serta dalam mempertahankan negara Republik Indonesia tercinta ini.

Menurut Komandan Menwa 108 Yudha Satria Unsam, Asril Yusni Afnasyah bahwa dalam pelatihan Pradiksar ini peserta akan mendapatkan pelatihan dari personil Danramil dan Alumi IARMI ( Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia) Unsam.  Pada kesempatan ini dilakukan penyematan tanda peserta pada perwakilan Calon Menwa dan Asril  mengharapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan dapat  lulus menjadi anggota Menwa baru Unsam.