Sabtu (26/5/2018), tim pemenang Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-M) dari Program Studi Kimia yang terdiri dari 3 orang mahasiswa yaitu Devi Ramayanti (Ketua Tim), Dinny Kartika (Anggota), dan Irwan Saputra Harahap (Anggota) telah melaksanakan kegiatan PKM-M di desa Pondok Pabrik, Kebon Lama, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa. Dibimbing oleh dosen dari Program Studi Kimia, Ibu Ulil Amna, S.Si, M.Sc, kegiatan PKM-M ini mengangkat tema  tentang Pembuatan Karbon Aktif dari Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Media Filter dalam Upaya Penyediaan Air Bersih. Tema yang diangkat oleh tim PKM-M ini sangat relevan dengan kondisi daerah dan kebutuhan masyarakat desa Kebon Lama, dimana daerah tersebut diketahui memiliki air sumur yang keruh dan bau. Keadaan air tersebut tentu saja menimbulkan permasalahan bagi masyarakat terutama dalam hal kesehatan disebabkan masyarakat masih menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari.

Kegiatan PKM-M ini merupakan salah satu program peningkatan prestasi mahasiswa yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikian Tinggi Republik Indonesia (DITJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI RI). Program ini bertujuan untuk memfasilitasi potensi mahasiswa Perguruan Tinggi seluruh Indonesia untuk menerapkan ilmu dan teknologi yang telah di pelajari di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Kegiatan PKM-M di desa Pondok Pabrik dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap sosialisasi dan praktik bersama masyarakat. Tim PKM-M memberikan sosialisasi tentaang pentingnya penggunaan air bersih dalam kehidupan sehari-hari dan bahaya logam yang tergkandung dalam air yang dikonsumsi. Pemanfaatan tandan kosong (tankos) kelapa sawit sebagai karbon aktif merupakan solusi yang diberikan oleh tim PKM-M  dalam memecahkan permasalahan air bagi warga. Arang aktif dari tankos kelapa sawit dapat digunakan sebagai media penyaring dan memiliki potensi yang sangat baik sebagai bahan penyerap logam berbahaya yang terdapat di dalam air sumur seperti Fe, Cu, dan Mn. Pada kegiatan ini, tim PKM-M memberikan contoh langsung kepada masyakarat tentang cara pembuatan karbon aktif dari tankos serta aplikasinya dalam pembuatan alat penyaring sederhana.

Kegiatan ini ikuti oleh mahasiswa dan beberapa dosen Program Studi Kimia, yaitu Ibu Puji Wahyuningsih,S.Si, M.Sc (Koordinator Program Studi Kimia), Ibu Ulil Amna, S.Si, M.Sc (Dosen Pembimbing PKM-M), Ibu Halimatussakdiah,S.Si, M.Sc, Bapak Tisna Harmawan, S.Si, M.Si, Bapak Yulida Amri, S.Pd, M.PKim, dan Ibu Rahmatul Fajri, S.Pd, M.Si, serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan aparat Desa Pondok Pabrik, Kebon Lama. Pemanfaatan tankos sebagai media penyaring air ini merupakan informasi baru yang diperoleh oleh masyarakat, sehingga mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan PKM-M. Pembuatan alat penyaring sederhana ini sangat mudah dan dapat langsung di aplikasikan di rumah warga. selain itu, bahan dasar tankos juga sangat mudah didapatkan di sekitar perumahan warga karena desa pabrik pondok memang dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit kebun lama.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam upaya penyediaan air bersih untuk penggunaan sehari-hari, tanpa perlu membeli alat penyaring dengan harga mahal. Selain itu, kegiatan PKM-M ini dapat menjadi sarana bagi  mahasiswa, khususnya Program Studi Kimia untuk menerapkan hasil penelitian kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat juga dapat merasakan manfaat dari kehadiran Perguruan Tinggi melalui kegiatan-kegiatan Mahasiswa.

SHARE