Universitas Samudra Berangkatkan Mahasiswa KKN Periode I Tahun 2022

Aceh Timur, Kamis 27 Januari 2022. Universitas Samudra ( Unsam ) memberangkatkan 187 orang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Periode I Tahun 2022 ke lokasi Kuliah Kerja Nyata di Wilayah Aceh Timur, yaitu di kecamatan Serbajadi dan Peunaron( 27/01/2022). Mahasiswa KKN tersebut diserahkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Ir. Cut Muliani, M.P. mewakili Rektor Universitas Samudra dan disambut secara langsung oleh Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Sekda Aceh Timur beserta jajarannya.

Acara penyerahan mahasiswa KKN tersebut dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Aceh Timur pada 09.00 Wib,diikuti oleh seluruh peserta KKN  dan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati dan jajaran Setdakab Aceh Timur, Ketua dan Sekretaris LPPM-PM, para Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ), dan panitia KKN Unsam.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam, Ir. Cut Mulyani, M.P dalam sambutannya menyampaikan bahwa jadwal pelaksanaan  kegiatan KKN mahasiswa sesuai Kalender Akademik Unsam yaitu, Pendaftaran tanggal 10-17 Januari 2022, Coaching 24-25 Januari 2022, penyusunan rencana program 27-29 Januari 2022 dan pelaksanaan KKN 27 Januari – 28 Februari 2022. Lokasi kegiatan KKN Periode I Tahun 2022 dilaksanakan di 20 desa, yaitu 16 desa di Kecamatan Serbajadi dan 4 desa di Kecamatan Peunaron, dengan jumlah peserta sebanyak 187 orang, yang berasal 25 Prodi  dari 5 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Teknik. Jumlah Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) sebanyak jumlah desa penempatan yaitu 20 orang.

Dalam kesempatan ini Wakil Rektor mengucapkan terimakasih kepada Bupati Aceh Timur yang telah memberikan Ruang kepada mahasiswa Unsam untuk melakukan KKN di Wilayah Aceh Timur. Dan menyampaikan bahwa kegiatan KKN adalah kegiatan Akademik dan wajib bagi mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Kegiatan KKN merupakan perpaduan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui  KKN kali ini dengan Tema “Membangun Desa dengan Program Satu Desa Satu Produk” diharapkan melahirkan inovasi dan memberikan kontribusi kepada masyarakat di kecamatan Serbajadi dan Peunaron, dengan harapan mahasiswa dapat menggali potensi yang ada di desa agar desa dapat berkembang lebih maju.

“Selamat kepada saudara/i yang akan menempuh KKN pada hari ini, dan harapannya KKN ini dijadikan sebagai momentum untuk mengaktualisasikan ilmu yang telah dipelajari di ruang kuliah dalam berkreasi, memberikan kontribusi yang berarti pada perkembangan desa. Jadilah sebagai inspirator kepada masyarakat di kecamatan Serbajadi dan Peunaron, jaga nama baik almamater,  punyai sifat tawadhu, rendah hati, patuh, bersikap sopan santun, menghormati yang lebih tua dan selama disini harus mandiri.”Harap Beliau

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur Ir. Mahyuddin,M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Universitas Samudra yang telah menempatkan mahasiswanya untuk KKN di Aceh Timur dan berharap kepada mahasiswa untuk memiliki tanggungjawab yang lebih besar, terutama dalam menghadapi perubahan global dewasa ini. Dibutuhkan tekad dan kerja keras dan memiliki karakter kepribadian yang sesuai dengan tuntunan agama dalam membangun masa depan.

”Sekarang ini kita sedang menghadapi babak baru, memasuki Era Digital, Era Metaverse, yaitu dimana banyak aktifitas kehidupan dilakukan secara virtual dengan segala dampaknya, maka sebagai mahasiswa dituntut mempunyai tanggungjawab yang lebih besar dari anak muda lainnya, kita tidak bisa terus belajar di dalam ruang kelas tetapi harus belajar juga di masyarakat, bekerja keras membuat inovasi inovasi, kita tidak bisa membangun masa depan dengan selembar ijazah,tetapi dengan tekad, kerja keras yang diiringi dengan ilmu agama agar kita tidak termasuk ke dalam orang yang membuat kerusakan seperti yang disebutkan dalam Al Quran. Selamat bekerja, jangan lalai dan jangan banyak mengeluh, gunakan masa muda untuk berkarya, sehingga berguna bagi masyarakat.”Harap Sekda

Sekda Aceh Timur juga melakukan penyematan tanda peserta kepada perwakilan Mahasiswa KKN Unsam yang didampingi oleh Staf Ahli Bupati Aceh Timur, ( Dr. Darmawan M. Ali, S.T., MISD ),Wakil Rektor Unsam ( Ir.Cut Mulyani, M.P ) dan Ketua LPPM-PM Unsam, ( Dr. Asnawi,S.Pd.,M.Pd ) serta melakukan Peusijeuk sebagai salah satu tradisi sakral dalam adat budaya masyarakat Aceh yang dimaknai secara filosofis tentang keberkahan yang hendak dicapai.( Humas Unsam )