Universitas Samudra Ikat Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa

Universitas Samudra Ikat Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa

Langsa – Universitas Samudra ( Unsam ) mengadakan Ikatan Kerja Sama ( IKS ) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Cabang Langsa berkaitan dengan Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Program Magang Mahasiswa. Penandatanganan Ikatan Kerja Sama tersebut dilakukan oleh Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, M. T dan dari pihak BPJS diwakili oleh Muhammad Kurniawan selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa di ruang Rapat Rektor Unsam, Rabu ( 16/03/2022 ).

Dalam Ikatan Kerja Sama tersebut Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang dimaksud adalah jaminan sosial ketenagakerjaan yang akan diberikan kepada seluruh mahasiswa Unsam yang magang dan tenaga pendukung lain yang bekerja di lingkungan Univeritas Samudra yaitu perlindungan atas resiko sosial berupa Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK ) dan Jaminan Kematian ( JKM ) sesuai peraturan yang berlaku. Selain itu melalui Kerja Sama ini dimaksud untuk memfasilitasi mahasiswa Universitas Samudra Magang di BPJS Ketenagakerjaan.

Magang atau Praktik Kerja adalah bentuk kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ( MBKM ) yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja ( IDUKA ) yang dilaksanakan selama 1- 2 semester ( setara 20 – 40 SKS ).

Rektor Unsam, Dr. Ir. Hamdani, M. T pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa perlindungan dalam bekerja dari resiko kecelakaan kerja merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa magang atau praktik kerja demikian juga bagi tenaga pendukung lainnya. 

“Perlindungan terhadap keselamatan pada saat bekerja sangat penting bagi mahasiswa, saat magang atau praktik kerja, pada saat melakukan penelitian, juga bagi pegawai yang bekerja pada instalasi yang beresiko, salah satunya dengan cara menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan”. Ucap Rektor

Adapun ruang lingkup Ikatan Kerja Sama tersebut meliputi, Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan; Program Magang Mahasiswa; dan Kegiatan lain yang disepakati kedua belah pihak.

Hadir dalam acara penandatangan Ikatan Kerja Sama ini Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam, Ir. Cut Mulyani, M. P., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unsam, Dr. Rachmatsyah, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsam, Dr. Muhammad Zulfri, S.T., M.M., M.T., Kepala Biro Umum dan Keuangan Unsam, Ir. Adnan, M. M., dan Sub Koordinator Kerjasama Unsam, Hendra Rahayu, S.Hut. Dari BPJS Cabang Langsa turut hadir Bapak Sugiyanto dan Bapak Fadhel M. (Humas Unsam )

 

 

 

 

 

 

i