Langsa – Universitas Samudra (Unsam) menggelar Workshop Manajemen Resiko Pengelolaan Keuangan Mewujudkan Good University Governance di Universitas Samudra. Kegiatan digelar di Aula Biro Rektor, Selasa (7/8).

Rektor Unsam, Dr. Bachtiar Akob, M.Pd membuka kegiatan yang diikuti oleh 50 orang peserta. Pada kesempatan tersebut beliau berharap agar para peserta Workshop dapat mengikuti acara ini dengan baik, agar dalam kita melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita dapat terhindar dari hal-hal yang kurang baik atau kurang terpuji.

Rektor menambahkan agar semua kita lebih dewasa dalam memahami keadaan terutama yang menyangkut anggaran sehingga kegiatan ini dapat berguna untuk pribadi dan lembaga serta badan publik lainnya.

Acara Workshop ini menghadirkan pemateri dari Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Mohamad Hardi. Ak. MProf Acc. CA. QIA. Dalam materi yang disampaikan dijelaskan tentang Proses Pengelolaan Resiko yang mencakup identifikasi, evaluasi dan pengendalian resiko yang dapat mengancam kelangsungan usaha atau aktivitas dan tujuan organisasi.

Fokus manajemen resiko ini adalah mengenal resiko dan mengambil tindakan penanganan yang tepat terhadap resiko, yang tujuannya adalah secara terus menerus menciptakan atau  atau menambahkan nilai maksimum kepada semua kegiatan organisasi. Memahami resiko bertujuan untuk mengelola resiko terutama dalam mengelola organisasi baik Pengelolaan Manajemen Tata Kelola, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan dengan tujuan untuk mencapai penguatan internal organisasi sehingga dalam lembaga akan tercapai perubahan-perubahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Peserta workshop terdiri dari para Dekan, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu, Kabag dan Kasubbag di lingkungan Universitas Samudra.

SHARE