Langsa- Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022  di halaman Gedung Biro Rektor Meurandeh, pada Jum’at (13/05).

Hardiknas yang biasanya diperingati pada 2 Mei kali ini upacara digelar pada 13 Mei 2022 pukul 08.00 wib sesuai Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2022 yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek. Mengutip  Laman kemdikbud.go.id penundaan upacara hardiknas menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriah.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Rektor Universitas Samudra Dr. Ir. Hamdani,M.T dalam Amanat nya pada peringatan Hardiknas tahun 2022 membacakan sambutan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Dalam  pidatonya Menteri Nadiem, sesuai dengan Tema Hardiknas tahun 2022 yaitu “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar” menjelaskan, ”selama dua tahun terakhir banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama,yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kita mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya.”

Lebih lanjut mendikbudristek mengatakan, “Hari ini adalah bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan”

Selain itu  Menteri Nadiem juga menambahkan  bahwa di tahun ketiga masa Pandemi ini Kurikulum Merdeka Belajar telah terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran,  dan  kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan artinya ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan, anak anak tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Assesment Nasional sekarang digunakan sebagai bahan refleksi agar guru terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi meningkatkan kualitas sekolahnya.

“Semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh orang tua, guru dan murid di Indonesia,tetapi sudah digaungkan sampai ke negara negara lain melalui presiden Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia. Dan ini bukanlah garis akhir, tidak ada alasan untuk berhenti, meskipun rintangan ke depan jauh lebih besar namun kita akan terus memegang komando,memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar” demikian menurut Menteri.

Meskipun masa Pandemi Covid19 belum berakhir, namun  tidak mengurangi kekhidmatan peringatan Hardiknas 2022 ini. Pemerintah telah menetapkan  2 Mei sebagai Hardiknas melalui Keppres RI No.316 Tahun 1959 sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Hardiknas merupakan momentum  mengingat dan menghayati kembali filosofi Ki Hajar Dewantara selaku bapak perintis pendidikan Nasional, dengan Semboyan; Ing Ngarso Sung tulodo (Guru harus mampu memberi taudalan/panutan), Ing Madya Mangun Karso (Guru harus mampu memotivasi dan menginspirasi ) , Tut Wuri Handayani (Guru Memberikan dukungan moral dan semangat dari belakang )

Peringatan Hardiknas 2022 kali ini juga lebih semarak dimana peserta upacara memakai Pakaian Adat Tradisional dari berbagai daerah sesuai dengan norma kepantasan. Dalam kesempatan tersebut Rektor Unsam memberikan Piagam penghargaan dan menyematkan   Satyalancana Karya Satya berdasarkan Keputusan Presiden RI tentang Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada PNS yang telah bekerja paling singkat 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun sebagai berikut: Dr. Hanafiah,S.Pd.,M.Pd; Drs.Teuku Junaidi,M.Pd ( Masing masing  30 tahun ); Dr.Asnawi, S.Pd.,M.Pd; Sa’adah,S.P (masing masing 20 tahun); Dr. AgusPutra, S.Pi.,M.Sc; Chairul Fuad, S.P; Mulyana, S.E; Dr.Mastura, S.Si.,M.Si; Fairus, S.Pd.,M.Pd; Muhammad Nur, S.P;Alfadhil, S.H; dan Meilin (masing masing 10 tahun).

Upacara Peringatan Hardiknas 2022 Universitas Samudra kali ini  lebih istimewa dikarenakan bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Samudra ke -9 yang di selenggarakan di Gedung Multi Guna Unsam.

Upacara Hardiknas tersebut diikuti oleh unsur pimpinan Biro Rektor dan Fakultas beserta  seluruh Dosen, Tendik dan Mahasiswa Unsam.(Humas Unsam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *