Universitas Samudra Peringati HUT KORPRI Ke-51 Tahun 2022

Langsa– Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati HUT Ke- 51 Korps Pegawai Republik Indonesia ( KORPRI), dilangsungkan di Aula Gedung Multiguna Unsam, Selasa (29/11/2022). Upacara peringatan HUT KORPRI Ke-51 kali ini bertemakan “KORPRI Melayani, Berkontribusi Dan Berinovasi Untuk Negeri”  diikuti seluruh Pegawai baik dosen maupun Tenaga Kependidikan di lingkungan Universitas Samudra.

Upacara diawali penghormatan kepada pemimpin upacara, dan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Penghormatan kepada Pembina upacara, selanjutnya dilakukan penghormatan kepada Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Bertindak selaku pembina upacara Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T. Dalam kesempatan ini Rektor memimpin Hening Cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selanjutnya dibacakan Teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Dalam kegiatan ini turut dibacakan Teks Pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 oleh petugas upacara. Pembacaan Panca Prasetya KORPRI dan menyanyikan lagu Mars KORPRI.

Rektor Universitas Samudra,  dalam amanatnya menyampaikan Sambutan Penasehat KORPRI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), Ir. Suharti,MA.,Ph.D, bahwa KORPRI adalah wadah yang terdiri atas ASN, untuk ASN, dan oleh ASN. Oleh karena itu, KORPRI memiliki peran dalam mendukung ASN melaksanakan tugas-tugasnya sebagai penyelenggara negara.

Beliau  berharap,  pada HUT Ke-51 ini, KORPRI di lingkungan Kemendikbudristek khususnya, dapat berperan lebih dalam mendukung Ibu/Bapak dalam menghadapi tantangan yang terus berubah. Dalam hal ini KORPRI perlu menyesuaikan, terutama dalam memberikan dukungan yang relevan kepada para ASN.

“KORPRI adalah rumah kita bersama. Artinya jika kita ingin KORPRI berperan lebih, kita perlu partisipasi aktif Ibu/Bapak semua.” Sebagaimana dikutip dari sambutan Penasihat KORPRI.

Juga disampaikan  4 program utama KORPRI  yang telah ditetapkan dari hasil Musyawarah Nasional KORPRI IX lalu,  hal tersebut adalah bukti bahwa KORPRI ingin lebih bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh ASN yang merupakan anggotanya. Program tersebut meliputi, 1. Meningkatkan kualitas Pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi, 2. Menguatkan ideologi dan karakter ASN, 3. Perlindungan Karier dan bantuan hukum ASN, 4. Peningkatan Kesejahteraan ASN.

Selain itu diungkapkan, KORPRI perlu menjadi wadah bertukar pikiran bagi para anggota agar dapat berinovasi, belajar hal baru, dan lebih kritis dalam menjawab permasalahan permasalahan yang dihadapi masyarakat.  Hal tersebut menuntut kapasitas birokrasi yang lebih tinggi , dan perlu mencari cara agar dapat melayani masyarakat dengan makin cepat, makin baik, dan makin murah.

KORPRI Sebagai perkumpulan para penyelenggara negara harus mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Bahkan, Sudah melakukan Sumpah/Janji untuk menjadi benteng bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Mau tidak mau, kita harus berperan aktif menjadi teladan dan memegang nilai nilai ASN, yakni Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Juga, menjunjung nilai toleransi, menghalau radikalisme-fanatisme, dan mengutamakan hajat hidup seluruh rakyat bukan hanya segelintir golongan saja. Selamat HUT Ke-51 KORPRI, ASN bersatu, KORPRI tangguh dan Indonesia Tumbuh”. Ucap Penasehat KORPRI sebagaimana disampaikan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan HUT KORPRI ini, Rektor turut mengambil Sumpah/Janji dari 22 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Universitas Samudra. Penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji PNS tersebut diwakili Teuku Fadlon Haser, S.Pi.,M.Si (Jabatan Dosen Asisten Ahli) dan Tengku Putri Lindung Bulan, S.E.,M.Si (Jabatan Dosen Lektor). Upacara diakhiri dengan doa dan berlangsung dengan tertib dan lancar. (Humas Unsam)