Unsam Jalin Kerjama dengan Kejaksaan Negeri Langsa

Langsa- Universitas Samudra (Unsam) menjalin kerjasama dengan  Kejaksaaan Negeri Langsa tentang Penanganan Masalah Hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Penandatangan MoU berlangsung di Kejaksaan Negeri Langsa pada Kamis 17/03/2022.

MoU ini bertujuan untuk melakukan kerjasama dalam pendampingan hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara kepada Universitas Samudra dan mencakup Unit kerja Universitas Samudra, baik di dalam maupun di luar Pengadilan.

Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani, M.T., mengatakan bahwa tugas yang diamanahkan kepada Perguruan Tinggi oleh Kemendikbudristek yaitu program merdeka belajar kampus merdeka sebanyak 20- 40 sks. Program tersebut bisa direalisasikan dengan menyediakan tenaga profesional dari luar kampus atau mahasiswa yang magang diluar kampus. Untuk menjalankan program tersebut Unsam menjalin kerjasama, salahsatunya dengan Kejaksaan Negeri Langsa.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan ”Kerjasama ini bisa memberikan pengetahuan hukum, pembinaan, dan bimbingan penyuluhan hukum, tidak hanya kepada mahasiswa fakultas hukum, namun untuk seluruh mahasiswa dan stakeholder unsam.”  Lebih lanjut Rektor mengharapkan pihak Kejaksaan Negeri Langsa dapat menyediakan beberapa tenaga profesional untuk memberikan perkuliahan pendampingan.

Kepala Kejaksaan Negeri Langsa, Viva Hari Rustaman, S.H., menyambut baik dan sangat mengapresiasi MoU tersebut, bersedia memberikan penerangan hukum di Unsam dalam bentuk kuliah umum. Kejari mengungkapkan program-program penyuluhan hukum yang sudah dijalankan Program Jaksa Masuk Sekolah, “Dalam dua bulan terakhir ini ada program Jaksa Masuk Sekolah, sudah empat sekolah yang sudah diberikan penyuluhan.”  Program yang selanjutnya akan ditambah yaitu menerima mahasiswa magang di Kejaksaan, dikhususkan untuk mahasiswa fakultas hukum.

Pihak Kejaksaan akan menyusun tugas-tugas yang akan diberikan pada mahasiswa magang. Harapannya setelah magang, mahasiswa bisa menemukan rumusan masalah terutama yang akan menyusun tugas akhir atau skripsi.

Melalui kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelolaan institusi kedua belah pihak, khususnya dalam pengembangan rencana strategis Kejaksaan Negeri Langsa dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan memadukan dan memanfaatkan sumber daya manusia pada para pihak.

Hadir dalam kerjasama tersebut, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Sub Koordinator Kerjasama juga staf dan tim  Kejaksaan Negeri Langsa.(Humas Unsam)