Unsam Sambut 28 Mahasiswa Inbound Angkatan 1 Tahun 2021

Langsa, 29 November 2021. Universitas Samudra (Unsam) menggelar acara Penyambutan  28 Mahasiswa Inbound Angkatan I Tahun 2021 bertempat di Aula Gedung PGSD Kampus Meurandeh pukul 14.00 waktu setempat (Senin, 29/11/2021). Penyambutan Mahasiswa Inbound Angkatan I Tahun 2021 tersebut dilaksanakan dalam rangka  Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)  yang merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kemendikbuddikti bertujuan untuk memberi pengalaman belajar di kampus lain, saling mengenal budaya daerah satu dengan lainnya sehingga akan membentuk karakter mahasiswa cinta tanah air, memupuk semangat nasionalis yang akan memperkuat persatuan bangsa.

Rektor Unsam yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Ir.Cut Mulyani, M.P menyambut baik peserta Inbound dan menyatakan rasa terimakasih  atas upaya semua pihak di jajaran Unsam sehingga terlaksananya Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan I Tahun 2021.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga terlaksananya Program Pertukaran Mahasiswa ini, terutama kepada Bapak Dr. Furqan Ishak Aksa, M.Pd selaku Duta Kampus Merdeka Unsam,  dan Alhamdulillah kali ini  kita laksanakan kegiatan belajar secara Luring walaupun belum sepenuhnya, karena kita harus tetap menyesuaikan dengan suasana Pandemi Covid, tetap taat Protkes. Kepada Mahasiswa Inbound yang saya banggakan,selamat datang di Kampus Universitas Samudra, selamat belajar bersama  di sini, semoga mendapatkan pengetahuan dan  pengalaman baru yang dapat berguna di kemudian hari terutama selama belajar di Universitas Samudra, dan  beradaptasi dengan masyarakat di Kota Langsa”. harap beliau.

Koordinator MBKM Unsam, Dr. Muhammad Amin, S.T, M.T., dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dari 68 Mahasiswa Inbound yang mendaftar, dikarenakan berbagai kendala hanya 30 orang yang bersedia mengikuti  Program ini, yang telah datang 28 orang sedangkan 2 orang lainnya akan menyusul. Mahasiswa Inbound akan belajar di Universitas Samudra selama 7 minggu yang akan berakhir pada 12 Januari 2022.

Dr. Muhammad Amin menambahkan peserta Inbound berasal dari berbagai Universitas  yang ada di Indonesia, yaitu Universitas Negeri Semarang, Universitas Gajah Mada,  Universitas Jember, Universitas Negeri Malang, Universitas Esa Unggul, Universitas Djuanda, Universitas Hang Tuah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Negeri Jakarta. Dan Selama belajar di Universitas Samudra Mahasiswa Inbound akan  melaksanakan agenda kegiatan yaitu Kegiatan Akademik, Modul Inspirasi dari Tokoh Aceh, dan Kegiatan Modul Nusantara, diantaranya kunjungan ke mesium, kunjungan ke Rumah Aceh, wisata Kuliner, Kunjungan Sanggar Tari, Wisata Laut Aceh, Pentas Budaya yang diharapkan akan menambah ilmu dan wawasan tentang daerah Aceh, serta akan mendapat pendampingan dari Dosen dan Mahasiswa Unsam.

Kedatangan Mahasiswa Inbound disambut dengan Tarian Persembahan Ranup Lam Puan yang merupakan Tarian Tradisional Adat Aceh dalam  menyambut dan memuliakan tamu kehormatan yang dibawakan oleh grup tari UKM Mahasiswa Seni Rajut Unsam. Dalam rangkaian acara tersebut Mahasiswa Inbound  juga memperkenalkan diri masing masing, dan turut menyaksikan Tari Ratoh Jaroe dari UKM Seni Rajut dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Acara tersebut dihadiri  oleh Dr. Furqan Ishak Aksa, M.Pd selaku Duta  Kampus Merdeka Unsam, Para Wakil Rektor, Para Dekan, Plt Kepala Biro AKPK, Para Kepala UPT,  Ketua Lembaga PIC MBKM, Dosen dan Mahasiswa Universitas Samudra serta diselenggarakan  dengan menerapkan Protkes Covid 19. (Humas Unsam)