Unsam Sambut Benchmarking ISBI Aceh Perihal PKKM

Langsa, (4/2/2022) — Wakil Rektor Bidang Akademik beserta Tim MBKM Universitas Samudra menerima kunjungan Wakil Rektor Bidang Akademik Institut Seni Budaya Indonesi (ISBI) Aceh Bapak Dr. Yusri Yusuf, M.Pd di Ruang Rapat Kerja Universitas Samudra. Kunjungan Wakil Rektor Bidang Akademik ISBI Aceh tersebut guna untuk melakukan studi banding pada Universitas Samudra dan mempelajari lebih dalam tentang MBKM yang sudah berjalan di UNSAM. Kunjungan selama 3 hari (03 – 05 Februari 2022) di Universitas Samudra ini tentunya memberikan apresiasi tersendiri bagi Universitas Samudra.

Kunjungan Wakil Rektor Bidang Akademik ISBI disambut langsung oleh Ir. Cut Mulyani, M.P. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik UNSAM dan juga Dr. Muhammad Amin, M.T., sebagai Ketua Pelaksana MBKM di Lingkungan Universitas Samudra dan juga turut hadir Bapak Dr. Rachmatsyah, M.Pd.sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan..  Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama maksimal 3 semester untuk merasakan pengalaman belajar di luar prodi dan di luar kampus. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Dr, Muhammad Amin, M.T. memaparkan bahwa kegiatan MBKM di Lingkungan Universitas Samudra selama ini sudah berjalan dengan baik. Unsam sudah mengimplementasikan MBKM dengan ikut serta dalam Program Permata Sari BKS Barat. Permata-Sari adalah program pertukaran mahasiswa singkatan dari Pertukaran Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit yaitu program pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BPK-PTN) wilayah barat dan diikuti oleh 33 PTN. PTN wilayah barat tersebut dapat mengirimkan dan menerima mahasiswa dari PTN wilayah barat lainnya untuk menjalani perkuliahan baik dalam prodi yang sama ataupun berbeda.  Program Permata – Sari telah terlaksana pada semester Genap 2020/2021 dengan Jumlah mahaiswa Inbound 109 Orang dan mahasiswa Outbound 60 Orang dan keterlibatan dosen pendamping lapangan (DPL) sejumlah 8 orang dosen.

Di samping itu juga terdapat beberapa tawaran dari Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) yang telah diikuti oleh Mahasiswa Unsam seperti Program Kampus Mengajar dengan PIC Hasby, S.Pd., M.PKim. Program Kampus Mengajar sudah diikuti oleh mahasiswa UNSAM dengan Angkatan I berjumlah 22 mahasiswa lulus seleksi, Angkatan II 57 Mahasiswa lulus seleksi dan Angkatan III lulus sebanyak 135 mahasiswa yang akan menjalani Program di Semester Genap 2021/2022 ini.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dengan PIC Rony Priyanda, S.Pd., M.Pd. yang dilaksanakan pada Semester Ganjil  telah mengikutkan 68 Mahasiswa Unsam ke 19 Perguruan Tinggi  serta menerima 68 Mahasiswa Inbound dari 24 Perguraun Tinggi. Adapun dosen Mata Kuliah Terpilih sebanyak 21 Dosen dengan 26 Mata Kuliah di 13 program Studi dan dengan jumlah peserta pertukaran mahasiswa merdeka sebanyak 369 Mahasiswa yang lulus PMM.

Pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dengan PIC Firdasari, S.T., M.T telah diikuti oleh 2 orang mahasiswa Unsam di Angkatan I dan di Angkatan 2 telah lulus 29 mahasiswa unsam di berbagai Mitra Perusahaan dan industri.

Unsam sendiri telah membentuk Pelaksana Program MBKM dengan Keputusan Rektor No. 13/UN54/2022 Tanggal 13 Januari Tahun 2022 dengan susunan tim pelaksana yaitu :

Ir. Cut Mulyani, M.P sebagai Penanggungjawab

Dr. Muhammad Amin, S.T., M.T sebagai Ketua

Ahmad Ihsan, S.T., M.T. sebagai sekretaris

Roni Priyanda, S.Pd., M.Pd. sebagai PIC Program Pertukaran Mahasiswa

Hasby, S.Pd., M.Pkim. sebagai PIC Program Kampus Mengajar

Firdasari, S.T., M.T. Sebagai PIC Program Magang Bersertifikat

Andika Putriningtias, S.Kel. M.Si. Sebagai PIC Program Penelitian / Riset

Ayu Suciani, S.Pd., M.Pd. sebagai PIC Program Proyek Kemanusiaan dan Bela Negara

Salman, SE., M.Si. sebagai PIC Program Kewirausahaan

Muhammad Arif Fadhillah, S.Pd., M.Pd. Sebagai PIC Program Bangun Desa/ KKN Tematik

Andri Yusman Persada, S.Pd., M.Pc. sebagai PIC Program Studi/Proyek Independen

 

Rektor Universitas Samudra Dr. Ir. Hamdani, M.T. terus mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Universitas Samudra di bidang MBKM terutama dapat meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yaitu : mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus (IKU 2).  Semoga ke depan nya kegiatan MBKM dapat diimplementasikan untuk semua program di lingkungan  Universitas Samudra dan besar harapannya mahasiswa Unsam lebih banyak yang terlibat di setiap kegiatan MBKM dan juga dapat lulus dengan program mandiri maupun yang ditawarkan oleh kemendikbud ristek. (Humas Unsam)