Unsam selenggarakan Pelatihan Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) SISTER

Langsa- Universitas Samudra (Unsam) menyelenggarakan pelatihan Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) di lingkungan Universitas Samudra di Aula PGSD Unsam pada Selasa (15/2/2022) yang dilangsungkan secara luring dan virtual. Tujuan diselenggarakannya pelatihan tersebut adalah agar para peserta dapat lulus sebagai asesor BKD SISTER  bersertifikat Kemendikbudristek.

Pelatihan ini dikuti oleh 30 peserta yang merupakan pendidik/dosen dengan syarat pendidik bergelar Doktor (lulusan S3) dengan jabatan fungsional Lektor dan pendidik bergelar Magister (lulusan S2) dengan jabatan fungsional Lektor Kepala.

Rektor Universitas Samudra, Dr. Ir. Hamdani., M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan meningkatnya jumlah dosen yang telah memperoleh sertifikasi dan bertambahnya beban kerja dosen sesuai dengan pedoman operasional beban kerja dosen, maka seseorang yang akan ditugaskan menjadi asesor  harus memiliki kemampuan untuk menilai usulan BKD yang diusulkan oleh dosen. Dan harapannya pelatihan ini akan berdampak positif bagi perubahan kinerja di lingkungan unsam.

”Dengan pelatihan ini agar seluruh peserta  memperoleh pengetahuan tentang  cara penilaian BKD melalui SISTER dan dapat lulus semuanya serta memperoleh sertifikat layak untuk menjadi asesor, harapannya pelatihan ini akan membuka wawasan peningkatan kinerja dosen kedepannya pada metode atau jumlah mata kuliah dan juga terus  diperbaiki  dengan mutu output yang diberikan kepada mahasiswa serta memperoleh wawasan apa yang membedakan antara BKD dengan usulan angka kredit untuk fungsional dosen.”  Jelas Rektor.

Pada kesempatan ini juga, sebelum dilakukan sesi tes, pelatihan diisi oleh pemateri sebagai berikut:

  1. Santi Sayanti Agustina (Sub Koordinator Karir Pendidikan Wilayah II Ditjen Sumber Daya Ditjen Diktiristek) menyampaikan materi tentang arah kebijakan beban kerja dosen
  2. Rizky Tito Prasetyo (Tim Sister BKD Ditjen Diktiristek) memaparkan tentang sistem informasi sumber daya terintegrasi dan memaparkan tentang pengantar tes
  3. Dwi Suhartanto (Tim BKD Ditjen Diktiristek) memaparkan tentang rubrik/matrik beban kerja dosen
  4. Wasis Wityatmoko Adi (Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek) menguji tes kompetensi
  5. Euis Istiqomatul Fitriyyah (Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek) menguji tes keterampilan.

Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Samudra dengan Moderator, Ary Kiswanto Kenedi, S.Pd., M.Pd. dan  TIM Panitia dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat –  Penjaminan Mutu.(Humas Unsam)