Unsam Sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023 ke Tiga Kabupaten

Langsa – Universitas Samudra (Unsam) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Provinsi Aceh membuka peluang bagi lulusan SMA sederajat untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Sebagai bentuk antusiasme Unsam dalam menyambut para pendaftar calon mahasiswa baru ini Unsam melangsungkan Sosialisasi masuk PTN dalam rangka menyampaikan informasi dan proses pendaftaran yang harus dilakukan oleh baik pihak sekolah maupun bagi para calon mahasiswa.

Kali ini, Unsam sosialisasi penerimaan mahasiswa baru dengan bertahap. Dimana pada tanggal 8 Februari sosialisasi dilangsungkan di Kabupaten Aceh Timur dengan mendatangkan 32 sekolah, 9 Februari sosialisasi dilangsungkan di Kota Langsa dengan mendatangkan 23 sekolah, dan pada tanggal 10 Februari sosialisasi dilangsungkan di Kabupaten Aceh Tamiang dengan mendatangkan 38 sekolah. Pada tahap ini sosialisasi ditargetkan bagi kepala sekolah, operator sekolah, wali murid dan perwakilan siswa dari setiap sekolah.

Sosialisasi Pelaksanaan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Cut Mulyani, M.P beserta Kooridinator Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan, Anwar A, S.P., M.M. Koordinator Kerjasama dan Humas, Munira, S.T., dan Subkoordinator Pendidikan dan Evaluasi, Lusiani, S.T. Selain itu, kegiatan ini dihadiri juga oleh para Kepala Cabang Dinas Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Selanjutnya, Unsam melakukan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri langsung dengan mendatangi sekolah-sekolah yang tersebar di Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang dan beberapa sekolah di Provinsi Sumatera Utara. Sosialisasi langsung ini akan mendatangkan langsung kepala program pendidikan Unsam beserta Siswa/i aktif Unsam yang diharapkan dapat memberikan gambaran langsung perihal bagaimana pengalaman berkuliah di Unsam.

Dalam penyampaiannya Ir. Cut Mulyani, M.P. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk lebih memperjelas informasi dan pemahaman kepada para Kepala Sekolah SMA/SMK/Sederajat yang berperan sebagai pemandu, operator, dan siswa/i kelas akhir yang akan mengikuti SNMPTN Tahun 2022 ini. Sosialisasi ini penting untuk menghindari informasi yang salah, keterlambatan dalam memasukkan data peserta didik, serta kekeliruan dalam mengisi format pendaftaran seleksi yang tersedia. Ia menambahkan sosialisasi SNMPTN-UTBK 2022 ini penting untuk menghindari informasi yang salah dan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Pada dasarnya, adik-adik para siswa yang akan masuk perguruan tinggi harus terus memantau pemberitahuan-pemeberitahuan baru perihal tata cara dan proses pendaftaran penerimaan mahasiswa baru dari LTMPT. Baik itu melalui laman utama sampai dengan media sosial,” papar beliau.

Ia juga menambahkan jika peran sekolah tidak terlepas dalam pendaftaran mahasiswa. Menurutnya, sekolah harus aktif dalam memperbaharui data peserta didiknya sehingga setiap siswa bisa mendapatkan pelayanan yang optimal sesuai dengan kemampuan dan minat bakat mereka masing-masing.

Sebagai informasi, di tahun 2022 ini, Unsam telah menyediakan 2000 kursi yang akan diperebutkan oleh para mahasiswa baru dalam 3 jalur penerimaan. (Humas Unsam)