Workshop Akreditasi International Fakultas Teknik Universitas Samudra

Workshop Akreditasi International melalui Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) di gelar di Aula PGSD Universitas Samudra (Unsam), Senin, 13/12/2021. Fakultas Teknik Unsam sebagai penyelenggara kegiatan tersebut melalui ketua panitia Bapak Dr. Muhammad Amin, S.T. M.T. mengatakan “tujuan dari workshop tersebut untuk meningkatkan mutu akademik sesuai yang diharapkan pada Indikator Kinerja Utama (IKU) point 7 dan 8”.

Mengenai 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama, Dekan Fakultas Teknik, Ibu Dr. Mastura, M.Si dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara tersebut, menyebutkan bahwa yang termasuk 8 poin IKU sebagai berikut:

  1. Lulusan mendapat pekerjaan yang layak
  2. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus
  3. Dosen berkegiatan di luar kampus
  4. Praktisi mengajar di dalam kampus
  5. Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat
  6. Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia
  7. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif
  8. Program studi berstandar internasional

 

Lebih lanjut lagi Ibu Dr. Mastura, M.Si menyampaikan bahwa Fakultas Teknik memiliki 8 (delapan) program studi yang rata rata akreditasi B. Harapan kedepannya seluruh prodi Fakultas Teknik bisa mendapatkan akreditasi A setelah mengikuti workshop ini dan mendapat  ilmu pengetahuan persiapan menuju Akreditasi International.

Kegiatan Workshop ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu 13-14 Desember 2021. Pada hari pertama pemateri Bapak Dr. Irwansyah, S.T., M.Eng. dari Universitas Syiah Kuala menyampaikan materi akreditasi IABEE, dan Bapak Dr. Eng Risdiyono, S.T., M.Eng dari Universitas Islam Indonesia menyampaikan materi strategi metode pembelajaran berbasis case method dan team based project. Sedangkan pada hari kedua akan dilaksanakan coaching clinic.

Peserta workshop sebanyak 30 peserta yang difokuskan para Koordinator Program Studi Fakultas Teknik dan Koordinator Program Studi Pendidikan Geografi serta anggota Gugus Kendali Mutu (GKM). Adapun para tamu undangan yaitu Rektor, para Wakil Rektor, ketua LPPM, para Dekan dan para Wakil Dekan dilingkungan Universitas Samudra. (Humas Unsam)