Rapat Kerja Wilayah BEM-SI Aceh II Tahun 2024: Satukan Persepsi, Kuatkan Sinergi dan Kokohkan Solidaritas BEM-SI Aceh Dalam Membentuk Arah Pergerakan

Langsa-Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM-SI) Aceh menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) BEM-SI Aceh II Tahun 2024 pada 17 – 19 September 2024. Rakerwil BEM-SI Aceh II kali ini mengusung tema ““Satukan Persepsi, Kuatkan Sinergi dan Kokohkan Solidaritas BEM-SI Aceh Dalam Membentuk Arah Pergerakan” dan Universitas Samudra dipercayakan sebagai tuan rumah. Sebanyak 10 universitas dan 20 anggota BEM-SI Aceh mengikuti rangkaian acara Rakerwil II ini.

Pada Opening Ceremony yang dilaksanakan pada Selasa (17/09/2024) di Gedung Multiguna Universitas Samudra, turut hadir Rektor Universitas Samudra yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Bapak Dr. Ir. Muhammad Zulfri, S.T.,M.M.,M.T.,IPM.,Asean Eng., Para Dekan, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Zulfan, SH, MM, MH, Presiden Mahasiswa Universitas Samudra, Daffa Febrian Fachrozi, Ketua DPM Universitas Samudra, Koordinator BEM-SI Pusat, Satria Naufal Putra Ansar, Koordinator Wilayah BEM-SI Aceh, Muhammad Rafiqi dan Organisasi Mahasiswa di lingkungan Universitas Samudra.

Rektor Unsam, Prof. Dr. Ir. Hamdani, MT, IPM, Asean. Eng melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Dr. Ir. Muhammad Zulfri, S.T.,M.M.,M.T.,IPM.,Asean Eng menyampaikan bahwa Unsam menyambut baik seluruh peserta atau delegasi baik yang berasal dari Universitas yang ada di Aceh maupun luar Aceh ke Universitas Samudra. “Semoga Unsam bisa menghadirkan rasa aman dan nyaman sehingga adik adik bisa melahirkan ide-ide kreatif lewat proses pelaksanaan Rakerwil,” ujarnya.

Rektor berharap semoga ide-ide yang dilahirkan dalam Rakerwil BEM-SI Aceh II adalah ide-ide yang lebih menyentuh kehidupan rakyat, tidak hanya kepentingan akademisi saja. Karena masyarakat masih menilai gerakan mahasiswa adalah gerakan yang tidak punya kepentingan apapun dan rakyat menitipkan agar kehidupan sosial masyarakat di Indonesia sesuai dengan Undang Undang Pendidikan Nasional, yang menjadi amanah besar yang harus didukung penuh oleh BEM-SI.

Sementara itu Presiden Pemerintahan Mahasiswa Universitas Samudra, Daffa Febrian Fachrozi mengatakan bahwa tujuan utama dilaksanakannya Rakerwil ini adalah untuk dapat mempererat tali silaturahmi dari keanggotaan BEM-SI, dimana Unsam dipercayakan sebagai Koordinator BEM-SI Wilayah Aceh yang telah mampu melaksanakan Rakerwil. Daffa juga menyampaikan harapannya agar Rakerwil ini dapat melahirkan gerakan gerakan mahasiswa, yang merupakan bentuk kepedulian terhadap pemerintah.

Koordinator BEM-SI Wilayah Aceh, Muhammad Rafiqi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Unsam telah dipercayakan sebagai Koordinator BEM-SI Wilayah Aceh dan melaksanakan Rakerwil di Unsam. “Harapan kami semoga Rakerwil yang dilaksanakan selama 3 hari ke depan akan berjalan dengan lancar, sukses dan damai, “lanjutnya.

Rakerwil BEM-SI Aceh II ini akan dilaksanakan dengan serangkaian acara yaitu Rapat Kerja, Talkshow Kepemudaan, Fieldtrip dan juga Jamuan Makan Malam di Pendopo Walikota.

Koordinator BEM-SI Pusat, Satria Naufal Putra Ansar, menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat dan luar biasa dari Pihak Rektorat dan panitia Rakerwil di Unsam. “ Istilah Pemulia Jamee di Aceh, benar benar saya rasakan sesampai disini. Dan saya sangat mengapresiasi atas sambutan ini. Harapannya semoga diskusi diskusi yang akan kita lakukan dalam Rakerwil nanti tetap bisa berlandaskan pada nilai nilai atau pondamen kerakyatan.”, ujarnya.

“Perbedaan aliansi, entitas atau organisasi tidak menjadi hal yang membuat kita berbeda. Justru dengan perbedaan ini, ketika kita membuat gerakan turun ke jalan menyampaikan aspirasi akan saling menebalkan,” ujarnya menutup sambutan.(Humas_MMI)