Search
Close this search box.

BPJS Ketenagakerjaan Langsa Gelar Sosialisasi Jamsostek Mobile di Unsam: Manfaat dan Kemudahan Akses Layanan Digital

 

(Perwakilan Kantor BPJS Langsa, Bapak Martunis foto Bersama peserta BPJS Unsam yang sudah menggunakan Aplikasi JMO)

Langsa – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kota Langsa mengadakan kegiatan Sosialisasi Jamsostek Mobile di Universitas Samudra (Unsam), Senin (7/10/2024) di Aula I Biro Rektor. Rektor Universitas Samudra, Prof. Dr. Ir. Hamdani, M.T.,IPM.,Asean Eng menyambut baik kegiatan ini. Dalam sambutannya diwakili Ketua Tim Kerja Bagian Keuangan Unsam, Junaidi, S.Pd mengatakan,  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada peserta BPJS Unsam terkait berbagai layanan BPJS Ketenagakerjaan, terutama mengenai manfaat program dan cara mengakses layanan melalui aplikasi Jamsostek Mobile.

Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Kota Langsa, Martunis, pada kegiatan sosialisasi ini menyampaikan pentingnya kehadiran layanan digital seperti Jamsostek Mobile (JMO). “Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi peserta untuk memantau status kepesertaan, mengecek saldo, serta mengakses berbagai informasi penting terkait program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa peserta dapat langsung memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengecek saldo JHT (Jaminan Hari Tua) dan mendapatkan informasi mengenai program lainnya.

Selain itu, dalam sosialisasi ini, peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya mengenai berbagai hal yang sering dihadapi, seperti cara mengajukan klaim kematian, permasalahan iuran yang belum terbayar, hingga proses pencairan manfaat lainnya. Tim dari BPJS Ketenagakerjaan juga menjelaskan bahwa dengan Jamsostek Mobile, peserta dapat memproses klaim dengan lebih mudah tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS.

Martunis menegaskan pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan kepada pekerja. “BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak manfaat yang sangat penting bagi para pekerja, mulai dari perlindungan risiko kecelakaan kerja, santunan kematian, hingga jaminan hari tua. Dengan aplikasi ini, peserta dapat mengakses berbagai layanan dengan cepat dan mudah,” tambahnya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan peserta BPJS Ketenagakerjaan Unsam semakin paham akan manfaat program tersebut serta dapat lebih aktif memanfaatkan aplikasi Jamsostek Mobile untuk keperluan mereka.

Martunis juga mendorong peserta yang hadir untuk aktif menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile. “Harapan kami, bapak ibu yang hadir pada hari ini dapat mengakses aplikasi JMO karena ini merupakan pusat informasi terkait jaminan sosial yang anda miliki,” tuturnya. Dari 210 peserta BPJS Ketenagakerjaan di Unsam, sebanyak 85 orang sudah mulai menggunakan aplikasi JMO, yang memungkinkan peserta untuk mengecek saldo, mengakses informasi klaim, dan memantau status kepesertaan.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, dilakukan penyerahan simbolis santunan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris salah satu peserta BPJS Unsam, yakni keluarga Alm. Supristiwendi yang meninggal dunia pada bulan Juni 2024. Penyerahan santunan ini menjadi bukti nyata perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada para pekerja dan keluarganya.

(Penyerahan Simbolis Santunan dari BPJS oleh Bapak Junaidi kepada keluarga/Ahli Waris dari peserta yang sudah meninggal dunia)

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman para peserta tentang pentingnya BPJS Ketenagakerjaan dan memotivasi mereka untuk memanfaatkan aplikasi JMO sebagai sarana akses informasi yang cepat dan efisien.(Humas Unsam11).